Kamis, 10 Juli 2014

JEPANG BISA BELI F-35 LEBIH BANYAK, ASAL…


Foto : Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera (kiri) melihat F-35 di kantor Lockheed Martin di Fort Worth, Texas.



IMD - Jepang menyatakan bisa saja membeli lebih banyak F-35 Joint Strike Figther, tetapi dengan syarat harga pesawat itu bisa lebih murah lagi.Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera di Tokyo 8 Juli 2014. “Jika masing-masing negara memperluas kemampuan manufaktur [F-35] dan meningkatkan volume produksi, ini mengarah ke pengurangan unit biaya ,” kata Onodera kepada wartawan setelah mengunjungi Lockheed Martin di Fort Worth, Texas. “Dalam kasus seperti itu, sangat penting untuk berpikir dua kali tentang total volume produksi.”


NHK melaporkan bahwa Onodera diberitahu oleh pejabat Lockheed Martin bahwa perusahaan akan mulai merakit F-35 pertama untuk Jepang pada bulan Agustus.



Japan Air Self-Defense Force berencana untuk mengakuisisi 42 F-35A. Dari jumlah itu baru enam yang disepakati antara Kementerian Pertahanan dengan Lockheed Martin dengan nilai 627.2 juta Dollar Amerika. Empat dari yang disepakati akan dibiayai dengan anggaran 2014.


Sementara itu, seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa beberapa dari enam pesawat pasukan beladiri maritim jepang dan empat pesawat Angkatan Laut rusak pada bulan Februari saat terjadi badai salju dan tidak mungkin diperbaiki lagi. “Kita tidak bisa mengggunakan pesawat itu lagi karena sudah rusak parah,” kata pejabat itu.



Pernyataan Onodera itu diibaratkan menjadi seperti cahaya kecil bagi F-35 yang sedang dirundung masalah karena kembali digrounded menyusul insiden kebakaran mesin 23 Juni lalu di di Eglin Air Force Base di Florida. Insiden ini bahkan dikhawatirkan akan mengganggu atau bahkan membatalkan rencana F-35 untuk tampil pertama kali di Eropa dalam ajang Farnborough Airshow Juli ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar