Kamis, 10 Juli 2014

KAPAL SELAM 1.800 TON KELIMA KORSEL MELUNCUR


IMD - Korea Selatan meluncurkan kapal selam serang kelas 1.800 ton kelima pada Kamis 3 Juli 2014. Kapal ini akan menjadi bagian penting untuk peningkatan kemampuan negara tersebut di bawah permukaan air terutama untuk menghadapi Korea utara.


Kapal selam ini dinamai Yun Boing-gil, seorang pejuang kemerdekaan Korea Selatan yang cukup terkenal. Diproduksi Hyundai Heavy Industries Co dan akan dikirim ke Angkatan Laut pada akhir tahun 2015.


Kapal dipersenjatai dengan rudal jelajah Haeseong, torpedo dan ranjau untuk perang anti-kapal selam. Rudal jelajah dengan jangkauan maksimum 1.500 kilometer yang mampu melakukan serangan presisi terhadap fasilitas utama musuh. Kecepatan menyelam kapal yakni 20 knot dan kapal sangat memungkinkan untuk dapat melakukan perjalanan dari Korea Selatan ke Hawaii tanpa pengisian bahan bakar.


Kapal selam diesel ini juga dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen, yang memungkinkan kru untuk melaksanakan misi di bawah air selama sekitar dua minggu tanpa akses oksigen di atas air.


Korea Utara yang berpotensi berkonflik dengan Korea Selatan saat ini mengoperasikan lebih dari 10 kapal selam Type 209 seberat 1.200 ton dan Type 214 dengan bobot 1.800 ton. Selain itu Korea Utara juga dikabarkan memiliki 70 kapal selam, kelas Romeo 1.800 tun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar