Rabu, 25 Juni 2014

5 SENJATA INDIA YANG HARUS DITAKUTI CHINA

IMD - Kyle Mizokami, seorang ahli pertahanan dari San Francisco dalam tulisannya menyebutkan ada sedikitnya lima peralatan militer India yang bisa menimbulkan ancaman bagi Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok di medan perang. Tulisan tersebut dimuat baru-baru ini di majalah National Interest yang berbasis di Washington.

apa sajakah daftar sistem alutsista tersebut?


1. INS Vikramaditya



Kapal induk India menjadi peralatan militer pertama yang harus ditakuti China. Kapal yang dibeli dari Rusia ini memasuki layanan Angkatan Laut India pada tahun 2013 dan saat ini bisa disebut sebagai bangsa operator terbaru dan paling kuat. Kapal ini ini diperkirakan bisa membawa 30 MiG-29K atau jet tempur Tejas dan 12 helikopter untuk operasi tempur. Pesawat ini akan meningkatkan radius armada India dalam melakukan tindakan. Jika dikerahkan melawan China, Vikramaditya berpotensi meluncurkan blokade untuk memotong rute pengiriman China. Kekuatan udara ofensif juga bisa digunakan terhadap armada China yang mencoba mendobrak blokade. “Jika India dan China masuk dalam pertempuran nyata serta akan bertempur di laut,” kata Mizokami. Yang harus menjadi catatan sebagian besar impor minyak China harus melewati Samudera Hindia. Angkatan Laut India memiliki lebih banyak pengalaman dalam operasi carrier, karena operator pertama mereka mulai beroperasi pada tahun 1961.


2. PAKFA TA-50




Sistem senjata India yang kedua ini pun nampaknya membuat China gentar, karena pesawat tempur generasi kelima yang sedang dibangun bersama Rusia yakni program PAK-FA rusia. Dengan alat tempur ini maka hal ini memungkinkan Angkatan Udara India untuk bersaing dengan F-22 Amerika dan J-20 China yang sama-sama berada di kelas pesawat siluman generasi kelima. Dengan kekuatan ini india bisa menyeimbangkan kekuatan udaranya dengan China di masa yang akan datang.




3. Rudal Brahmos



Mizokami menyebut rudal antikapal milik India ini juga harus mendapat perhatian China. Dengan kecepatan hingga Mach 3, Brahmos merupakan ancaman besar rudal untuk PLA. China akan punya sedikit waktu untuk menangani rudal ini ketika sudah diluncurkan. Mizokami mengatakan China harus benar-benar membangun pertahanan udara mereka dengan baik karena hanya butuh hitungan detik untuk mengantisipasi Brahmos milik india tersebut.


4. Kapal Perusak Kelas Kolkata



Sistem senjata keempat dalam daftar ini adalah Kolkata. Menurut Mizokami kapal perusak ini mampu menyediakan pertahanan udara seperti Vikramaditya. Penting bagi China untuk menyadari kapal ini dipersenjatai dengan rudal Brahmos 16. Perusak dapat beroperasi secara independen sebagai raider perdagangan dan bisa berpotensi membahayakan pelayaran Cina.




5. Kapal Selam Arihant



Sistem persenjataan India terakhir yang tidak bisa dianggap remeh adalah kapal selam rudal balistik kelas Arihant. Kapal ini tidak hanya memberi ancaman bagi kapal perang PLA yang beroperasi di laut terbuka, tetapi kapal selam ini pun dapat mengancam kawasan darat China. Dengan membawa 12 rudal K-15 yang berdaya jangkau atau jarak 3.500 km, kapal ini bisa memberikan pukulan telak ke Beijing dari perairan India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar