Jumat, 27 Juni 2014

LEOPARD 2A7 +, TANGGUH DI SEGALA MEDAN PERANG

























Leopard 2A7 adalah MBT yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei Wegmann Jerman yang bekerja sama dengan Angkatan Darat Jerman.pada 2010 Jerman mengungkapkan untuk mengupgrade MBT yang telah ada.2A7 merupakan pengembangan dari Leo 2A6 mencakup beberapa subsistem Leopard 2A PSO.Leopard 2A7 sangat capable untuk perang kota,konflik dengan intensitas rendah serta  operasi militer konvensional.Angkatan Darat Jerman berencana untuk mengupgrade sekitar 50 – 150 tank Leopard 2 dengan standar 2A7.Program upgrade dimulai pada tahun 2012.tahun sebelumnya Jerman telah menyetujui penjualan lebih dari 200 MBT ke Arab Saudi.yang pada saat itu Leopard adalah salah satu MBT terbaik dunia.


Leopard 2A7 adalah paket upgrade modular sehingga tank Leopard 2 lainnya dapat ditingkatkan ke standar ini.sistem tempur dapat ditingkatkan tergantung kepada kebutuhan pelanggan.2A7 memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi,hal ini dilengkapi dengan baju besi pasif tambahan untuk penangkal serangan RPG.dilengkapi dengan side skirt baru peningkatan perlindungan pada bagian bawah hull ( lambung ) untuk menahan IED dan ranjau darat.2A7 memiliki armor modular yang memungkinkan bongkar pasang pelindung yang sudah rusak dapat digantikan dengan mudah dalam kondisi darurat dilapangan.


Leopard 2 adalah tank tempur utama yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei, saat ini Krauss Maffei Wegmann-(KMW), di Munchen, Jerman. Memiliki panjang sekitar 10.97m, lebar 4 m dan tinggi atap turret 2.64 m. Kendaraan berbobot 67.500 kg dan dapat dikontrol oleh empat kru. Bagian luarnya digabungkan dengan komunikasi antarmuka untuk memungkinkan interaksi antar para prajurit.

Persenjataan

Leopard 2A7 dipersenjatai dengan meriam smoothbore 120 mm/L55 Rheinmtall adalah meriam serupa ya yang digunakan pada Leo 2A6 dimana memiliki akurasi tembakan yang lebih baik dan jangkauan yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Leopard 2 sebelumnya.Meriam dimuat secara manual dan kompatibel dengan semua jenis amunisi standar NATO.Tembakan dari 2A7 memiliki kemampuan untuk melumpuhkan target dibalik tembok atau bangunan.2A7 membawa 42 rounds amunisi untuk meriam utama,15 rounds disimpan dalam turet bustle dan yang lainnya siap untuk digunakan,sisanya disimpan dalam hull ( lambung ).

Untuk persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin 12,7 mm yang dipasang pada bagian atas senjata ini menggunakan remote kontrol.selain itu senapan mesin koaksial  7,62 mm.




Senjata utama adalah 120mm L55 / L44 smothbore, dengan amunisi 120 mm. Tank ini juga dapat diintegrasikan dengan senapan mesin dan peluncur granat 40mm atau 7.62mm Juga memiliki 50 senapan mesin. Peluncur granat asap dapat dipasang di kedua sisi stasiun senjata untuk menyembunyikan tank dari pengamatan musuh.

Fitur Perlindungan
Dilengkapi dengan perlindungan kit modular dengan modul armor pasif untuk menawarkan 360 ° perlindungan kepada kru dari rudal anti-tank, ledakan ranjau, alat peledak improvisasi (IED) dan peluncur roket (RPG) . Dilengkapi dengan alat pembersih ranjau maupun alat yang mampu mengatasi rintangan penghambat jalannya sang macan.

Pengamatan
Stasiun komandan dari MBT Leopard 2A7 + menggabungkan sebuah periskop optik untuk siang dan malam untuk mengintai dari jarak jauh. Periskop terdiri dari Attica perangkat generasi ketiga thermal imaging, kamera CCD siang hari, fungsi fusi citra, serat optik gyros, dan laser range finder. Pengemudi dilengkapi dengan imager / gambar intensifier night vision termal gabungan untuk depan dan belakang.




Kinerja
Leopard 2A7 mempertahankan mesin pendahulunya yang didukung oleh mesin diesel turbocharged MB-837 MTU Ka 501 dengan kekuatan 1500 hp.dilengkapi juga dengan unit daya tambahan yang mensuplai energi ke semua sistem ketika mesin utama dalam keadaan mati.komponen suspensi juga telah mengalami peningkatan kemampuan guna mempertahankan mobilitas sehingga meskipun bobotnya berat 2A7 tetap dapat bermanuver dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar