Selasa, 22 November 2016

India Sukses Uji Peluncuran Rudal Nuklir Prithvi II


India telah berhasil menguji tembak dua rudal memiliki kemampuan nuklir Prithvi II, dalam demonstrasi keandalan arsenal nuklirnya. Dua rudal balistik permukaan ke permukaan jarak menengah atau medium-range ballistic missiles (MRBM) yang ditembakkan dalam mode salvo dari dua peluncur yang bergerak di lepas pantai Odisha dari Integrated Test Range (ITR) di Chandipur.

Rudal Prithvi II memiliki jangkauan 350 kilometer dan dapat membawa hulu ledak hingga 500-1.000 kilogram. Ini adalah tambahan kemampuan yang signifikan untuk opsi serangan India dalam kasus serangan nuklir. Rudal memiliki kemampuan untuk menyerang sasaran secara tepat menggunakan sistem bimbingan inersia canggih dengan manuver lintasan. Prithvi II merupakan rudal satu tahap berbahan bakar cair yang diresmikan kepada angkatan bersenjata India pada tahun 2003 dan merupakan rudal pertama India yang dikembangkan oleh organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) di bawah Program Pengembangan Rudal Terpadu .


India dalam pekan ini juga akan menguji rudal interceptor Advanced Air Defense (AAD), canggih yang mampu menghancurkan rudal musuh yang masuk dari jarak 2.000 km dan rudal Agni-I dengan kisaran 700 km.

Agni-I dan pencegat AAD akan diluncurkan dari LC-IV di Pulau Abdul Kalam dalam konfigurasi operasional penuh masing-masing pada Selasa dan Rabu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar