Selasa, 22 November 2016

India Sukses Uji Tembak Agni-I


India berhasil menguji tembak rudal balistik jarak menengah berkemampuan nuklir Agni-I. Sumber senior Kementerian Pertahanan India mengatakan kepada Sputnik Selasa 22 November 2016, rudal ditembakkan dari Pulau Abdul Kalam dekat pantai timur India di Teluk Benggala.

Rudal Agni-I dikembangkan oleh Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan India dan diuji untuk pertama kalinya pada bulan Januari 2002. Jangkauan operasional rudal adalah 700 kilometer (sekitar 435 mil).

Rudal ini memiliki berat sekitar 12 ton dan dapat membawa hulu ledak seberat hingga 1 ton.

India telah berhasil menguji tembak dua rudal memiliki kemampuan nuklir Prithvi II, dalam demonstrasi keandalan arsenal nuklirnya. Dua rudal balistik permukaan ke permukaan jarak menengah atau medium-range ballistic missiles (MRBM) ditembakkan dalam mode salvo dari dua peluncur yang bergerak di lepas pantai Odisha dari Integrated Test Range (ITR) di Chandipur.

Rudal Prithvi II memiliki jangkauan 350 kilometer dan dapat membawa hulu ledak hingga 500-1.000 kilogram. Ini adalah tambahan kemampuan yang signifikan untuk opsi serangan India dalam kasus serangan nuklir. Rudal memiliki kemampuan untuk menyerang sasaran secara tepat menggunakan sistem bimbingan inersia canggih dengan manuver lintasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar