Selasa, 22 November 2016

Kapal Terbesar Buatan India Masuk Layanan


Destroyer Kelas Kolkata INS Chennai, kapal terbesar yang pernah dibangun India sampai saat ini, secara resmi masuk ke layanan Angkatan Laut India Senin 21 November 2016.

Komisioning kapal dilakukan Menteri Pertahanan Manohar Parrikar di Pangkalan Angkatan Laut di Mumbai. Kapal dibangun oleh Mazagon Dock Ltd, juga di Mumbai.

Destroyer Kelas Kolkata ketiga ini memiliki bobot perpindahan lebih dari 7.500 ton, panjang 538 kaki dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 55 knot.

“Kapal ini dilengkapi dengan umpan yang dapat mengalihkan serangan rudal,” tulis Times of India mengutip Vice Admiral Girish Luthra, Kepala Komando Barat Angkatan Laut India.

“Hampir 60% dari kapal itu dibangun di Mazagon Dock, sementara senjata dan sensor dibawa dari Israel dan Rusia.”

Luthra mencatat bahwa kapal itu dirancang untuk membawa dan beroperasi sampai dua helikopter tempur multi-peran.


Destroyer dilengkapi dengan senjata anti-kapal selam, peluncur roket, peluncur torpedo-tabung kelas berat, dan sonar HUMSA-NG untuk menopang kemampuan pertempuran bawah lautnya. Kapal juga dilengkapi rudal permukaan ke udara jarak jauh Barak-8 dan rudal permukaan ke permukaan BrahMos .

Sebuah sistem umpan torpedo Mareech dan sistem flare umpan Kavach akan membantu melindungi Chennai dari proyektil musuh. Kapal didorong oleh empat reversible gas turbines dikombinasi sebuah gas and propulsion plant.

Angkatan Laut India berencana untuk mengembangkan armada 200 kapal perang dan 600 pesawat hingga 2027.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar